Selama ini sering kan ngebayangin kalau cake, cookies itu kebanyakan dari tepung terigu. Nah ternyata tepung terigu ini dapat memperberat kerja dari pencernaan. Karena ga pingin memperberat kerja organ pencernaan jadi pingin mengurangi tepung bergluten seperti tepung terigu, tapi – tapi kita penggemar rerotian atau percake an.
Seneng banget sii ternyata sekarang udah banyak yaa alternatif dari tepung terigu, bisa pakai tepung cassava atau tepung singkong,tepung sorghum, tepung pati garut, atau tepung beras dll. Kalau menurutku asal kita mau bereksperiment bakalan nemu klik nya mengolah tepung non gluten.
Setelah menguatkan hati untuk belajar mengurangi makan bertepung terigu  dan lagi pingin bikin cake, akhirnya coba main – main di dapur jadilah Gluten Free Bolu Blackmond. Bolu ini dibuat saat mama dibuat pas hari mama nana mau shooting live IG, tentang apa next aku ceritain yaa man – teman J, jadilah lumayan nyalurin rasa ndredeg dan groginya. Shooting malam paginya masih sempet bebikinan buat snack anak – anak. Alhamdulillah yaa bisa menyediakan snack buat anak – anak yang lebih sehat. Pas kebeneran paginya ada teman  anak – anak yang main di rumah jadilah sekalian buat suguhan.
Walaupun bolu nya bergluten tapi rasanya tetep lhoo enak dan ga kalah enaknya sama bolu bergluten. Bolu nya juga ga pakai gula putih, apalagi gula putih lagi jarang kan?jadi ga bingung deh. Saya juga lebih milih gula kelapa karena ga ada proses pemutihan seperti gula putih dan tentunya lebih alami dan lebih sehat
Bolu yang saya buat ini dari tepung non gluten tepung cassava, untuk memperkokoh teksturnya juga biar ga bantat jadilah aku tambahin tepung lainnya. Selanjutnya ada tips juga nih kudu banget telurnya di mikser sampai kaku berjejak. Sebisa mungkin wadah untuk telurnya juga ga kena air atau masih basah soalnya bakal mempersusah telur jadi kaku berjejak. Kalu berjejak itu kalau kita balik wadahnya, telurnya ga bakal tumpah. Telur nya juga harus yang fresh yaa, jangan sampai dari kulkas langsung di mikser. Tips kalau telur udah masuk kulkas, coba keluarkan dulu di suhu ruang. Kalau mau cepet rendam aja telurnya di air, biar suhu telur nya normal kembali.
Selain dari coconut sugar bolu ini juga ada bau harum vanilla, aku pakai vanila non alkohol jadi halal ya.. dan bukan vanila abal – abal. Aku biasa pakai ladameinvanila, ini pelopor vanila halal lhoo man  teman. Vanila ini menurutku bahan penting di percake-an atau, sangat penting namun tak terlihat. Jadi sebisa mungkin ga skip, hartum dari vanila ini waktu dipanggang aduhaiiii enak sekalii.


Aku langsung ke resep aja yaaa, siapa tahu teman – teman mau praktekin nih Bolu Gluten Free nya
Bahan
5 butir telur fresh
70 grm coconut sugar di blender
70 tepung cassava ladang lima
1 sdm tepung beras
1 sdm tepung maizena
1/4 tsp vanila paste
1,5 sdm cacao powder 
110 unsalted butter dilelehkan
sejimpit garam
15 grm susu bubuk
Cara membuat

1. Kocok telur dan gula kelapa dan vanila paste sampai berjejak kaku. kira - kira 15 menit dengan speed tinggi
2. Campurkan bahan kering tepung casssava, susu, tepung maizena, garam, tepung beras, garam, cacao powder dan wajib diayak yaa biar ga bergerindil
3. Masukkan tepung ke adonan telur secara bertahap, harus bertahap yaa, dan gunakan mixer dengan speed rendah
4. Masukkan butter ke adonan telur dan tepung yang dilelehkan lalu aduk balik
5. Tuang pada loyang yang sudah dialasi kertas roti dan hentakan supaya angin keluar
6.  Masukkan pada oven yang sebelumnya sudah dipanaskan, panggang delama 30 menit api atas bawah 180 * C

Gampangkan resepnya, bisa lhoo jadi alternatif snack atau camilan sehat. Karena berhubung lagi ada stock blackmond bolunya sekalian aku semir dengan buttercream dan hias dengan blackmond yang dihancurkan juga keju. 
Ras ndredeg dan groginya ilang perutpun bisa jadi kenyang. Sungguh nyalurin yang berfaedah dong
Selamat mencoba teman - teman