Hampir setiap malam, pasti lirik meal plan, buat liat bakalan masak apa buat esok hari dan buat nurunin bahan yang disimpan di dalam freezer dan ditaruh ke kulkas bawah, biar besoknya udah siap buat diolah. 

Udang ini menurut aku itu salah saty bahan protein hewani yang memang udah enak, mau di bikin masakan tunggal ataupun sebagai bahan campuran, udah pasti kalau pakai udang bakal nendang. Alhamdulillah nya anak - anak dan suami ga ada riwayat alergi udang, jadi kalau masak udang yaa aman - aman saja
Biasanya aku beli udang minta yang jual untuk ngebersihin sekalian. Dulu punya langganan emang harganya agak murah sedikit daripada langganan yang baru (baca : selisih seribu ) tapi yang jual dulu ga mau ngebersihin, Duh kan PR banget ngebersihin udang (kalau buat saya). Nyoba deh pindah dibelakang nya, harga lebih mahal seribu ehh mau ngebersihin. Lumayan kan sampai rumah tinggal cuci dan dibagi persekali masak.

Ada sedikit tips buat milih udang, jadi milih udang yang seger yaa, badannya masih kokoh dan keset, ga layu layu gitu dan badan kalau dipencet masih keras ga letoy yaa hiiihiii.... tentunya kepala udang belum lepas dari badannya serta baunya masih segar, dan kalau digoreng udangnya berubah warna orens, tanpa ada warna totol - totol, soalnya kalau ada totol - totol itu tandanya udang udah ga seger atau udang lama.

Salah satu favorit olahan udang yang tentunya masaknya juga simple namun tetep enak dan nendang adalah udang mentega. Rasanya pingin aja nambah, kalau ga inget timbangan mungkin dah nambah bolak - balik sampai udang nya abis.

Udang Mentega

1/4 kg udang
3 siung bawang putih keprek cincang
1/2 butir bawang bombai
1,5 sdm saus tiram
daun bawang
2 buah tomat merah
1/2 sdm kecap manis
100 ml Air
lada 
garam
gula pasir
butter salted
maizena

Cara Memasak
1. Kerat bagian atas tomat merah, lalu masukkan ke air mendidih hingga kulit mengelupas. 
2. Masukkan pada blender beri air sedikit lalu haluskan dan saring
3. Panaskan butter pada pan, lalu goreng sebentar udang, sisihkan
4. Panaskan butter lalu tumis bawang putih dan bawang bombay hingga layu.lalu masukkan saos
    tiram, sari tomat, kecap manis aduk rata.
5. Masukkan udang lalu beri air dan bumbu lainnya lalu biarakan mendidih.
6. Masukkan larutan maizena kedalam masakan dan masak hingga kuah mengental, 
7. Sebelum kompor dimatikan masukkan potongan daun bawang.

Selamat Mencoba