Hai..kali ini mama nulis lagi, udah cukup berdebu nihh blognya ga ditenggok, karena emang lagi sibuk sama aktivitas,hoohooooo....kali ini nulis tentang makanan yaa, kali - kali bisa jadi inspirasi buat snack keluarga, arisan, atau bekal jalan jalan ( ini kaya mama aja kalau jalan sebisa mungkin bawa bekal, sapa tahu macet trs kan ga lucu kalau lapar kejebak di kemacetan ) atau juga buat bekal suami ke kantor atau anak ke sekolah

Punya stock roti tawar yang lagi bosan juga kalau dimakan pakai homemade selai atau bakai homemade nut butter. Daripada keburu tanggal kadaluarsanya dan malahan berakhir di tempat sampah, dieksekusilah dengan cara yang lain biar anak - anak juga ga bosan makannya juma sama homemade selai atau ga nut butter ( meskipun dengan dikasih selai atau nut butter aja mereka dah happy banget )

Roti tawar ini memang juga jadi salah satu pilihan snack yang mudah selain buah. Tinggal oles selai bisa langsung hap masuk mulut. Snack roti tawar biasanya kalau kami lagi travelling atau lagi malas bikin snack buat anak - anak, panggilah abang roti yang lewat abis subuh kelar dahh urusan snack anak - anak ( hahahha, tapi ga tiap hari yaaa )

Roti tawar yang dipakai biasanya ssih seringnya pakai yang ada pinggirannya biar berasa tebal, soalnya kalau ga ada kulit pinggirannya kan suka letoy gitu dan anak - anak makan satu ga nampol  gitu, jadi lah lebih suka beli yang ada pinggirannya. Dan menurutku kalau diolah kaya bread pudding ini lebih cocok yang ada pinggirannya sii, lebih bisa crispy gt ( tapi selera boleh beda kok, ga cuma pilihan presiden yaa yang beda hahahha )

yang seneng adari bread pudding ini selain bisa ngerasain crispy dari roti tawar, juga da sensasi lembut lumer dari campuran susu telur, rasa gurih dari parutan keju dan susu melangkapi setiap suapan bread pudding. Selain itu sebenarnya pemberian toping bisa divariasikan lhoo. Kalau aku biasnya ku kasih  nuts ( kacang - kacangan ) ini tergantung stock biasanya pakai walnut/kenari/almond, kadang juga pakai dry raisin dan raw cacao nibs (sebagai pengganti choco chips ) jadi kalau pakai raw cacao nibs bisa dapatin sensasi manis dan pahit dari coklat alami

Bikin breada pudding iini juga sebenarnya ga makan cucian banyak ( ini yang aku suka  hoo..hoo..hoo) habisnya memang rada malas juga kalau masak trs habis gitu cucian banyak. dan pas masuk oven pun bisa lahh disambi ma kegiatan lain ga perlu lah ditongkrongin depan oven kecuali memang kalau ga ada kerjaan lain, cuma memang sering ditenggok yaa biar ga over cooked alias gosyoong ( wkwkwk,,,,wkkkk )

Buat bread pudding kali ini, aku pakai walnuit, keju, raw cacao nibs. tentunya walnutnya aku potong kecil - kecil gitu biar ga bentuk utuh, terlalu besar menurutku kalau ga dipotong kecil - kecil selain itu ogah rugi siii hahahha.



Nah ini penampakan si walnut yang katanya tingkat antioksidan dua kali lebih banyak dibanding kacang lain. Selain itu walnut juga kaya asam lemak omega-3 yang meningkatkan jumlah kolesterol baik dalam tubuh dan menyingkirkan kolesterol jahat, mampu mengurai peradangan, meningkatkan kekebalan tubuh dan masih banyak manfaat yang lainnya

Bahan lain yang dipakai adalah raw caco nibs, aku pakai bahan ini, supaya ada rasa coklat gitu dari bread pudingnya, cuma karena dah pingin ninggalin coklat yang super manis, dan tetep pingin makan coklat macem choco chip gt jadilah beralih ke raw cacao nibs. 


Cacao nibs terbuat dari biji kakao yang telah melalui proses pengeringan alami, dipanggang dan dihancurkan. Karena melalui proses pengolahan yang minimum, gizi yang dikandung sama dengan gizi pada biji kakao itu sendiri. Cacao nibs juga banyak mengandung polifenol dan antioksidan, sehingga dipercaya dapat membuat kulit makin cantik dan memiliki efek anti-aging.






Resep bread pudding kali ini aku ambil dari IG ce tintin rayner, cuma untuk takaran gula pasirnya aku kurangin biar pas manisnya di lidah aku 


Bread Pudding
Source : Tintin Rayner
Modified & Cooked by Mama Nana


Bahan
200 grm roti tawar
100 grm butter ( mix 50 : 50 unsalted butter dengan margarin)
4 butir telur segar
350 ml susu full cream
70 grm gula pasir ( resep asli 100 grm )
bubuk kayu manis
keju parut
8 butir walnut potong kecil - kecil
2 sdm raw cacao  nibs

Cara Memasak
1. Potong kotak kecil - kecil roti tawar sisihkan
2. Panaskan susu dan butter jadi satu, tidak perlu sampai mendidih
3. Campur telur dan gula aduk rata.
4. Masukkan campuran susu dan butter ke campuran telur dan gula lalu aduk rata.
5. siapkan loyang yang sudah disemir mentega tipis tata roti tawar sebagian, lalu diberi keju parut, walnut, raw cacao nibs, bubuk kayu manis lalu campurkan adonan basah ( campuran susu, telur, gula, butter ), beri roti tawar lagi hingga menyentuh atas loyang lalu beri adonan basah dan taburkan pelengkap  ( keju parut, raw cacao nibs, bubuk kayumanis)
6. Panggang dalam oven yang sebelumnya sudah dipanaskan kurang lebih 25 menit dengan api atas bawah dan suhu 180 * ( bisa beda tergantung oven )

Selamat mencoba yaaaa
Sun dari mama nana