7 Cara Cegah Dehidrasi Saat Berpuasa


Tubuh manusia 70 % persen mengandung air. Dan normalnya, volume cairan yang hilang dari tubuh setiap hari  antara 1.000-4.500 ml. Bisa jadi melalui keringat, BAB, buang air kecil, dan insensible water loss (kehilangan cairan yang tidak terasa, misalnya sewaktu tidur). Oleh karena itu para ahli banyak menyarankan orang dewasa minum 2 – 3 liter perhari, guna meng update selalu cairan yang masuk ketubuh, agar tidak terjadi dehidrasi. Dehidrasi itu sendiri adalah gangguan dalam keseimbangan cairan atau air pada tubuh. Hal ini terjadi karena pengeluaran air lebih banyak dari pada pemasukan air (misalnya minum). Ditandai dengan munculnya rasa lemas, lesu serta kurang konsentrasi, haus, mual bahkan  bisa Jatuh pingsan.


Saat berpuasa, tidak ada asupan makanan dan minumam yang masuk kedalam tubuh selama 13 jam. Tentu akan membuat tubuh merasa tak berdaya, dan mengakibatkan dehidrasi. Untuk mencegahnya  ada beberapa hal yang perlu anda lakukan :


Pertama : minum lah sewajarnya,  anda tidak perlu minum 3 liter air pada malam hari, hal ini malah akan menyebabkan distensi (penggelembungan) lambung yang menimbulkan rasa mual dan muntah. Apalagi di saat puasa, lambung lebih sensitif.

Kedua, mengkonsumsi madu dan kurma, baik saat berbuka puasa dan setelah makan sahur. Madu adalah cairan manis yang mengandung gula 70 – 80 persen. Madu bagus untuk anti bakteri jika di munum rutin. Agar anda tetap kuat saat berpuasa, anda bisa makan 3 butir kurma dan 2 sendok madu saat sahur dan berbuka puasa.

Ketiga, jangan mengkonsumsi mie instan. Menyantap mie instan sebagai menu santap sahur memang sangat menggoda. Tapi kandungan yang ada pada mie seperti natrium, lemak jenuh dan msg akan membuat anda memiliki rasa haus yang tinggi, dan menyebabkan tenggorokan menjadi kering. Selain itu mie instan juga membuat anda cepat lapar.

Keempat, makan ubi sebagai pengganti karbohidrat saat sahur. Nasi putih memiliki indeks glikemik yang rendah sehigga cepat terurai dan akhirnya membuat tubuh cepat lapar. Ubi disarankan sebagai penggantinya, karena ubi memiliki rasa kenyang yang lebih lama

Kelima, minum susu saat sahur. Rasa lapar saat puasa bisa membuat seseorang  sulit untuk konsentrasi saat beraktifitas. Minum susu sangat dianjurkan sebab susu kaya akan kandungan karena kaya akan kandungan protein, karbohidrat, kalsium, dan elektrolit

Keenam, hindari paparan sinar matahari Kulit kering saat berpuasa juga akan menimbulkan dehidrasi, untuk menghindarinya , sebaiknya anda jangan langsung terkena paparan matahari pada siang hari.

Ketujuh, menghindari konsumsi kopi, teh, dan minumam bersoda saat sahur. Kopi dan the mengandung kafein. Kebiasaan orang Indonesia adalah mengkonsumsi teh dan kopi di pagi hari. Begitu juga saat berpuasa, sebagai minuman santap sahur. Nyatanya kopi dan the mengandung kafein dan zat diuetik (peluruh kencing) yang membuat tubuh cepat dehidrasi karena anda selalu akan kekamar mandi. Sementara minumam bersoda akan membuat perut anda cepat terasa penuh akibat kandungan soda tersebut. Nah sebaiknya hindari hal tersebut.

0 Komentar